Membutuhkan bantuan orang lain adalah hal yang pasti, namun dalam melakukan kegiatan sosial atau berinteraksi ditempat kerja sering terjadi perbedaan pendapat bahkan menimbulkan perselisihan.
Tentunya ini akan menimbulkan ketidak nyamanan, kita yang seharusnya bersatu untuk memajukan perusahaan, seringkali karena perbedaan pendapat, komunikasipun menjadi tidak lancar. oleh sebab itu, hendaknyalah kita hindari hal itu sebagai mahluk social yang menjunjung tinggi budi pekerti.
Solusinya terpenting adalah menyadari diri sendiri bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang biasa, dan menghargai pendapat orang lain itu adalah suatu kewajiban.
Jika menghargai orang lain adalah kelemahan, lemah dan kalah jika kita bersikap menghargai orang lain, sudah tentu hal ini tidak benar karna jika dengan sikap kita bisa menghargai keputusannya berarti kita telah mengajarkan kepada orang lain bagai mana mereka juga harus menghargai pendapat kita.
Dengan menghormati orang
lain, tentunya kita akan menjaga sikap, ucapan dan perilaku kita, tentunya,
kita akan menghormati orang lain imbasnya ya, orang lain juga akan
memperlakukan kita dengan baik bukankah sudah menjadi resam dan adat dunia, kebaikan
itu pada dasarnya akan kembali kepada sang pemberi, jika kita berbuat baik
namun dibalas buruk, disinilah kita menilai kepribadian diri kita, bisa di
lihat, jika marah, maka indicator diri kita akan memberikan nilai pada diri
sendiri.
Sikap menghargai orang
lain merupakan nilai manusia yang terbaik di dunia, tak ternilai harganya.
Dimanapun dan kemanapun kita bepergian, jika kita selalu bersikap menghormati
dan menghargai orang lain, maka hati orang lain akan terbuka dan akan berbalik
menghormati kita.
Saling menghormati tentu di bangun dengan rasa pengertian dan kebajikan, tidak dengan cara – cara yang keras dan negatif. Hargai orang lain ketika mengeluarkan pendapatnya, apatah lagi dia adalah atasan anda dan orang lebih tua dari anda.
Bersaing sehat tentu adalah
hal yang wajar, akan tetapi tidak sampai sampai menimbulkan perselisihan, meskipun
berbeda pendapat tetapi harus saling pengertian, andai kita saling menghormati dan
menghargai komunikasi dapat dilakukan
sehingga kerjasamapun bisa terbangun.
Belajarlah menghargai- mungkin bisa dimulai dari hal-hal kecil, mendengarkan orang lain bicara dengan memberikan resfon gerak tubuh yang benar, jika dikiaskan dengan sikap kekinian, cobalah memperlihatkan gesture dan gerak tubuh menghargai pihak lain, memperhatikannya ketika bicara, tidak bermaen HP.
Ketika teman anda menyampaikan pendapatnya dalam meeting bersama, fokuslah, dengarkan, perhatikan dan rasakan, seringlah membuat angle tentang diri, seperti” Aku tidak ingin di sakiti,”tentunya juga manusia yang lain, aku ingin dihormati, begitu jugalah orang lain
Dah, jom dari sekarang dan seterusnya, anda adalah orang yang meghargai orang lain, Perlu kah saling menghormati dan menghargai? Tentu jawabnya adalah “PERLU,”titik..
0 comments:
Posting Komentar